Sabtu, 14 Mei 2011

Earth Hours " Jam Dunia "






Earth Hour (bahasa Indonesia: Jam Bumi) adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh WWF (World Wide Fund for Nature, juga dikenal sebagai World Wildlife Fund) dan diadakan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya yang meminta rumah-rumah dan perkantoran untuk memadamkan lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan terhadap perubahan iklim. Earth Hour dicetuskan oleh WWF dan The Sydney Morning Herald tahun 2007 ketika 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak perlu. Setelah Sydney, banyak kota-kota lain di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada tahun 2008. Earth Hour 2011 akan dilaksanakan pada 26 Maret 2011 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.
Sebelum 2008, San Francisco telah menjalankan program "Lights Out" bulan Oktober.Untuk tahun 2008, waktunya dipindahkan ke 29 Maret agar dapat bersamaan dengan Earth Hour Australia. Ini juga terjadi supaya 2008 menjadi tahun ketika Earth Hour menjadi kegiatan internasional dan San Francisco diminta sebagai kota mitra Earth Hour. Daripada memiliki acara saingan, San Francisco memutuskan mendukung Earth Hour dan semua kegiatan Lights Out sekarang menjadi bagian dari kegiatan internasional Earth Hour. Sejak Earth Hour tahun 2008 diselenggarakan hari Sabtu, banyak sekolah menengah atas di Wilayah Toronto Raya berpartisipasi dengan memadamkan setengah lampu di ruang kelas selama jam terakhir sekolah hari Jumat, 28 Maret 2008. Meskipun slogan Earth Hour 2008 secara resmi adalah, "See the difference you can make," iklan radio resmi berakhir dengan, "Dark city, bright idea."
Tel Aviv menjadwalkan Earth Hour mereka pada Kamis 27 Maret 2008 untuk menghindari benturan dengan Sabbath.Dublin memindahkan Earth Hour mereka ke antara pukul 9 dan 10 malam, karena lokasi geografisnya di utara.


Energi yang dihemat

Menurut WWF Thailand, Bangkok mengurangi penggunaan listrik sebesar 73.34 megawatt, yang berarti satu jam sama dengan 41.6 ton karbon dioksida.Bangkok Post memberikan jumlah 165 megawatt-jam dan 102 ton karbon dioksida. Ini sangat kurang dibanding kampanye yang dicanangkan Balai Kota Bangkok satu tahun sebelumnya di bulan Mei yang mengatakan 530 megawatt-jam dihemat dan 143 ton emisi karbon dioksida dipotong.
Di Filipina, tercatat oleh Philippine Electricity Market Corp. bahwa konsumsi tenaga jatuh hingga sekitar 78.63 megawatt di Metro Manila, dan 102.2 megawatt di Pulau Luzon. Permintaan maksimum turun hingga 39 MW terjadi pada pukul 20.14 di Metro Manila dan 116 MW pada 8.34 di Pulau Luzon.
Toronto menghemat 900 megawatt-jam listrik. 8.7% dihemat bila diukur dengan malam Sabtu biasa pada bulan Maret.
Irlandia, secara keseluruhan memiliki pengurangan penggunaan listrik sebesar 1.5% pada malam itu. Dalam periode tiga jam antara 18:30 dan 21:30, terdapat pengurangan 50 megawatt, menghemat 150 megawatt-jam, atau sekitar 6 ton karbon dioksida. Ini menghemat kurang dari jumlah keluaran karbon satu orang Irlandia selama satu tahun penuh.
Di Dubai, sementara lampu luar di beberapa markah tanah besar dipadamkan dan lampu jalan di beberapa wilayah diredupkan hingga 50%, Electricity and Water Authority melaporkan penghematan 100 megawatt-jam listrik. Ini merupakan pengurangan 2.4% penggunaan listrik dibandingkan jam ini dimulai. Hasil terbaik berasal dari kota Christchurch, Selandia Baru. Kota ini melaporkan pengurangan 13% penggunaan listrik. Tetapi Transpower melaporkan bahwa konsumsi tenaga Selandia Baru selama Earth Hour adalah 335 megawatt, lebih tinggi dari rata-rata 328 megawatt dua Sabtu sebelumnya. Melbourne, Australia menghemat 10.1% penggunaan listriknya. Sydney, kota yang berpartisipasi dalam Earth Hour 2007 dan 2008, menghemat 8.4% konsumsi listrik. Walaupun lebih rendah daripada 10.2% di tahun 2007, direktur eksekutif Earth Hour Andy Ridley mengklaim bahwa setelah mempertimbangkan ruang kesalahan, partisipasi kota ini sama seperti tahun sebelumnya.
Hasil terburuk berasal dari Calgary, Kanada. Konsumsi tenaga kota naik 3.6% selama penggunaan listrik mencapai puncaknya di jam itu. Di Calgary, cuaca memainkan peran besar dalam konsumsi tenaga, kota ini mengalami cuaca 12 °C lebih dingin dari temperatur Sabtu sebelumnya.



Earth Hours Video Oleh Youtube




Perayaan di seluruh dunia




Pengukuran pengurangan pemakaian listrik

Menurut jumlah yang diberikan EnergyAustralia, sebuah lembaga lokal, konsumsi listrik saluran utama untuk kegiatan tahun 2007 di Sydney lebih rendah 2% selama Earth Hour daripada yang diperkirakan pada waktu itu, kondisi cuaca dan konsumsi empat tahun terakhir terus berubah. Herald Sun menyamakannya dengan "menyingkirkan 48.613 mobil dari jalan raya selama satu jam." Pengkritik, terutama Kolumnis Andrew Bolt, mencapnya sebagai "Pemotongan yang sangat sedikit ini dipertanyakan - sama dengan menyingkirkan enam mobil dari jalan raya selama setahun". Secara konteks, enam mobil sama dengan menyingkirkan enam mobil dari jalan raya pada waktu tertentu di siang atau malam hari. Menanggapi kritik ini, penyelenggara Earth Hour menegaskan bahwa "Bila pengurangan gas rumah kaca yang tercapai di CBD (distrik bisnis sentral) Sydney selama Earth Hour dipertahankan selama satu tahun, maka jumlahnya sama dengan menyingkirkan 48.616 mobil dari jalan raya selama setahun." dan mereka juga mencatat bahwa tujuan utama Earth Hour adalah memunculkan kesadaran terhadap masalah perubahan iklim dan "mengkspresikan bahwa aksi setiap orang dalam skala besar dapat membantu mengubah planet kita menjadi lebih baik." dan bukan mengenai pengurangan energi spesifik yang dibuat selama jam itu yang dibutuhkan.
Angka 10.2%!--What figure? This is the first I've heard of it.--> sendiri ditantang oleh David Solomon, seorang mahasiswa keuangan di Universitas Chicago. Tanpa merujuk sumber data atau metode analitis yang ia klaim ia gunakan, Solomon mengatakan ia menggunakan data penggunaan listrik selama delapan tahun untuk menyimpulkan bahwa penurunan yang terinspirasi dari Earth Hour adalah 6.33%, dan itupun setelah faktor potensial lainnya ikut dimasukkan, 2.10%, "secara statistik tak terlepaskan dari nol." Di sejumlah daerah di Belahan Utara, terjadi twilight pada pukul 8 malam, menghapus beberapa keuntungan dari acara ini.




Terima kasih kepada Wikipedia.org